Berita
08 Februari 2015 | 21:29 wib Home » Berita » Detail

Pemerintah Diminta Segera Tangani Longsor Wonogiri

image

Relawan PKS membuka akses jalan yang tertimbun longsor


WONOGIRI, PKS Jateng Online - Banjir dan tanah longsor menerjang Desa Pare dan Wuryorejo, Wonogiri, Jawa Tengah, Jumat (6/2/2015), akibatkan sejumlah rumah rusak parah dan jalan terputus. Secara mandiri, warga bahu membahu membersihkan material banjir dan longsor yang menutup jalan.

Koordinator Pos Penanggulangan Bencana (P2B) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Wonogiri Wahyudi mengatakan pihaknya telah menerjunkan sejumlah relawan yang dipusatkan di Desa Pare dan sekitarnya.

"Di Desa Pare terdata 2 dusun yang paling parah terkena longsor, yakni Sumber dan Traman. Tercatat 3 rumah rusak berat dan akses jalan ke wilayah tersebut tertimbun material longsor," katanya, Minggu (8/2/2015).

Wahyudi menjelaskan, sampai saat ini warga bersama sejumlah relawan masih secara mandiri untuk membuka akses jalan utama yang menghubungkan antara Dusun Sumber dan Traman. Belum ada alat berat yang menjangkau wilayah tersebut.

"Ibu Kadus Ngringin sudah menyampaikan permohonan alat berat ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk membantu membuka jalur tersebut. Namun, menurut kepala BPBD alat berat tidak mungkin diturunkan," ungkapnya.

Anggota Dewan PKS Dapil IV Wonogiri, Hadi Santoso, mengatakan medan yang sulit bukan menjadi alasan BPBD untuk menurunkan alat berat. "Masa seperti ini jadi alasan? Padahal warga sudah dua hari menunggu. Lokasi bencana sudah jelas, apakah nunggu hari kerja?" tukasnya.

Menurutnya, BPBD harus bergerak sesegera mungkin membantu warga menanggulangi bencana yang terjadi. Seluruh potensi kekuatan agar dikerahkan untuk menolong warga. Kasihan jika warga terlalu lama menunggu bantuan. 

"Saya mendapat laporan dari Tim P2B PKS yang mensurvei lokasi longsor di Desa Ngringin Selogiri. Warga disana sudah terisolir selama 2 hari," jelasnya.
   
Sementara itu Anggota Komisi 8 DPR RI Fikri Faqih mengingatkan pemerintah daerah bertanggungjawab dalam menyelenggarakan penanggulangan bencana. 
"Penanggulangan bencana harus dilaksanakan dengan cepat dan tepat. Hal itu sesuai dengan pasal 5 UU 24/2007 tentang penanggulangan bencana. Pasal 3 ayat (2) huruf a.," terangnya.

( IBALH )

Berita Lainnya:

UPDATE

02 Februari 2017 | 13:33 wib

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…


01 Februari 2017 | 16:40 wib

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…


01 Februari 2017 | 13:48 wib

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…


30 Januari 2017 | 14:55 wib

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…


30 Januari 2017 | 14:52 wib

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

© 2014 PKS JATENG ONLINE
Jl. Kelud Utara No.46, Petompon, Gajahmungkur, Kota Semarang
Telp. 024-70776373 Fax. 024-8311244 Email: info@pksjateng.or.id